7 Cara Mempercepat Kinerja Windows 10

Windows 10 adalah sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT. Diperkenalkan pertama kali pada bulan April 2014, Windows 10 diciptakan untuk mengatasi kekurangan pendahulunya yaitu Windows 8.
Pada kesempatan kali ini berikut kami bagikan 7 langkah mudah mempercepat kinerja Windows 10 tanpa perlu mengganti hardware,

7 Langkah Mudah Mempercepat Kinerja Windows 10

1. Mengganti Tampilan Awal
Tampilan Start menu pada windows 10 lebih indah dan sedikit transparan, namun hal ini akan berakibat sedikit berkurangnya kemampuan beberapa sumber daya. Untuk mengatasinya, Anda dapat menonaktifkan transparansi pada start menu, taskbar dan action center.
Caranya adalah : buka Setting lalu masuk ke Personalization > Colors pilih off pada Make Start, taskbar, and action center transparent.

2. Nonaktifkan Efek Khusus
Mengganti start menu, taskbar, dan action center transparent adalah satu hal, tetapi Windows 10 masih memiliki banyak efek khusus lainnya. Untuk benar-benar menghilangkan efek khusus tersebut klik Start lalu ke System. Klik Advanced system settings untuk membuka menu sistem properti . Pada Advanced tab dibawah Performance, klik Settings...
Kemudian Performance Options menu akan terbuka.
Di tab Visual Effect, pilih Adjust for best performance untuk mematikan semua animasi dan efek khusus yang tidak diperlukan, atau memilih Custom: dan Hapus visual efek yang Anda pikir tidak diperlukan.

3. Menonaktifkan program Startup
Jika komputer Anda membutuhkan waktu lama untuk boot-up, mungkin Anda memiliki banyak program starting up ketika anda menghidupkan komputer. Untuk mengatasi hal ini klik kanan pada menu Start dan klik Task Manager. Klik pada tab Startup ( klik More details jika Anda tidak melihat tab Startup )
dan baca dengan teliti daftar program yang mulai dengan otomatis pada  komputer Anda.
Jika Anda menemukan program yang tidak diperlukan klik Disable.

4. Maksimalkan Troubleshooter
Windows 10 memiliki sebuah troubleshooter yag dapat membantu Anda menemukan dan memperbaiki setiap masalah yang mungkin berakibat pada kecepatan performa komputer Anda. Untuk membuka troubleshooter, klik Start lalu Control Panel. Dibawah Security and Maintenance, klik Troubleshoot common computer problems. Berikutnya, dibawah System and Security, klik Run maintenance tasks.

5. Mengurangi Boot Menu Time-Out
Ketika Anda menyalakan komputer, boot menu akan ditampilkan selama waktu tertentu sebelum sistem operasi loading. Sehingga Anda memiliki waktu untuk mengerjakan hal lain seperti memulai windows dalam safe mode. Anda dapat mengurangi beberapa detik waktu startup Anda dengan mengubah menu boot time-out, yang diatur untuk 30 detik secara default.
Untuk melakukannya klik Start lalu Control Panel. Masuk ke System > Advanced system settings dan dibawah Startup and Recovery, klik Settings.
Berikutnya ke Time to display list of operating systems, ubah dari 30 Seconds ke 10 Seconds lalu klik OK.

6. Nonaktifkan Tips
Dalam usahanya untuk lebih membantu, Windows 10 terkadang memberi Anda tips atau saran bagaimana mendapatkan hasil maksimal dari OS.
Memindai komputer Anda untuk melakukan hal ini, sebuah proses yang dapat memberikan sedikit dampak pada kinerja komputer. Untuk menonaktifkan pergi ke Start > Settings > System > Notifications & actions dan pilih off pada Get tips, tricks and suggestions as you use Windows.

7. Jalankan Disk Cleanup
Untuk menjalankannya, Anda hanya perlu mencari program Disk Cleanup lalu pilih Clean up system files.


EmoticonEmoticon